nav-left cat-right
cat-right

ANALISIS PEMAKAIAN BAHASA ILMIAH SKRIPSI MAHASISWA (Studi Kasus Skripsi Mahasiswa FKIP UISU), Abdul Murad

Kesalahan penyusunan kalimat meliputi tidak adanya kesatuan, ketidaksejajaran, ketidakhematan, dan ketidaksesuaian. Dari ke empat aspek tersebut, kesalahan yang paling besar frekuensinya ketidakhematan (29,63%), kemudian berturut-turut ketidaksesuaian (26,09%), tida adanya kesatuan (24,25%), dan ketidaksejajaran (20,10%).

Kesalahan penyusunan paragraf meliputi tidak adanya kesatuan, tidak koheren, tidak adanya pengembangan. Dari ketiga aspek kesalahan paling tinggi frekuensinya adalah tidak adanya pengembangan (36,52%), lalu berturut-turut tidak adanya kesatuan (34,13%), dan tidak koheren (29,34%).

Saran

Berdasarkan simpulan di atas, diharapkan dosen bahasa Indonesia banyak memberi latihan-latihan menulis ilmiah deengan maksud kesalahan-kesalahan berbahasa tersebut dapat diantisipasi, dihindari dan dibetulkan sehingga kompetensi sebagai seorang sarjana sesuai dengan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai.

Dari hasil penelitian ini diharapkan dosen bahasa Indonesia dapat mengetahui materi yang perlu ditekankan pada pembelajaran dan sekaligus dapat mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan mahasiswa.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Akhadiah, Sabarti dkk. 1993. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia, Jakarta: Erlangga.

Alwi, Hasan dkk. 1998. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Badudu, J.S. 1988. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar. Jakarta: PT. Gramedia.

Barnet, S. dan Stubbs, M. 1997. Practical Guide to Writing. Boston: Toronto; Little, Brown and Company.

Bloom, Benyamin S., Hastings, J.T. dan Madaus, G.F. (1971). Handbook on Formative and Suumative Evaluation of Student Learning. New York: Mc Graw-Hill.

Brown, Gillian and Yule, George. 1983. Discourse Analysis. Sidney: Cambridge University Press.

Corder, Pit. 1981. Error Analysis and Interlanguage. New York: Oxford University Press.

Depdiknas (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Kurikulum dan Hasil Belajar-Rumpun Pelajaran Matematika. Puskur, Balitbang Depdiknas.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi Offset.

Irawan, P. (1996) Evaluasi Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Diknas.

Keraf, Grys. 1997. Komposisi. Ende Flores: Nusa Indah.

Kridalaksana, Harimurti. 1993. Kamus Linguistik. Jakarta: PT. Gramedia.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1980. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Balai Pustaka.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1987. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan. Jakarta: Depdikbud.

Pages: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10

Link Jurnal Digital UISU :
nav-left nav-left nav-left tijarah julisa Jurnal sosial ekonomi Nur edukasi Tausiah