nav-left cat-right
cat-right

Kumpulan Jurnal A. Mindalisma

AGRILAND VOLUME 4 No. 2                    JAN-JUNI 2015                        ISSN : 2089-5844

RESPON PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI TANAMAN MELON (Cucumis Melo L) TERHADAP PEMBERIAN PUPUK KANDANG KAMBING DAN PUPUK NPK (16-16-16)

Mindalisma1, Meizal2 dan Bardansyah3 

1,2Staf Pengajar Program Studi Agroteknologi Fakultas Pertanian UISU

3Alumni Fakultas Pertanian UISU

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksnakan pada bulan Pebruari sampai bulan April 2014 di jalan AH.Nasution No.6 Kecamatan Medan Johor dengan ketinggian tempat ± 25 meter di atas permukaan laut dengan topografi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon petumbuhan dan produksi tanaman melon dengan menggunakan perlakuan pupuk kandang kambing dan pupuk NPK (16-16-16) pada taraf yang berbeda-beda. Rancangan yang digunakan pada penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok Faktorial (RAK-F) dengan 2 faktor yang diteliti yaitu faktor pupuk NPK (N) yang terbagi 4 taraf yaitu  = Tanpa Pemberian (kontrol), N1  = 5 gram/tanaman, N2 = 10 gram/ tanaman, N3 = 15 gram/tanaman dan Faktor Pupuk Kandang Kambing (K) terdiri dari K0 = Tanpa Pemberian, K1 = 400 gram/tanaman, K2 = 600 gram/ tanaman dan K3 = 800 gr/tanaman sedangkan parameter yang diamati adalah panjang sulur tanaman (cm), jumlah tunas (tunas), jumlah daun (helai), jumlah buah (buah) dan berat buah (gram). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi pemberian pupuk NPK (16-16-16) berpengaruh nyata terhadap parameter panjang sulur, jumlah tunas dan jumlah daun, namun tidak berbda nyata terhadap parameter jumlah buah dan berat buah. Sedangkan untuk pemberian Pupuk Kandang Kambing berpengaruh nyata terhadap parameter jumlah daun namun berpengaruh tidak nyata terhadap parameter panjang sulur, jumlah tunas, jumlah buah dan berat buah. Intraksi pupuk kandang kambing dan pupuk NPK berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter.

Kata Kunci : Pupuk, Produksi, Melon

Full Text : PDF

 

AGRILAND VOLUME 5 No. 2                    JAN-JUNI 2016                        ISSN : 2089-5844

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK ORGANIK CAIR DAN PUPUK  FOSFAT (P) TERHADAP PERTUMBUHAN DAN PRODUKSI  TANAMAN TERUNG UNGU (Solanum melongena L)

Mindalisma dan Rahma Dwi Handayani Rambe

Staf Pengajar Program Study Agroekoteknologi Fakultas Pertanian UISU, Medan

ABSTRAK

Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret 2014 di desa Bandar Kalipa Pasar VII Tembung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang, dengan ketinggian tempat ±20 meter diatas permukaan laut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk organik cair dan pupuk fosfat (P) terhadap pertumbuhan dan produksi tanaman terung ungu (Solanum melongena L). Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial, terdiri dari dua faktor yang diteliti yaitu Faktor pemberian Pupuk Organik Cair (ABG daun) (A) terdiri dari 4 taraf perlakuan yaitu : A0 = 0 cc/L air/plot (Kontrol), A1 = 2 cc/L air/plot, A2 = 4 cc/L air/plot, A3 = 6 cc/L air/plot dan faktor pemberian Pupuk Fosfat (P) terdiri dari 3 taraf perlakuan yaitu : P1 = 20 g/plot, P2 = 30 g/plot, P3 = 40 g/plot. Parameter yang diamati adalah Tinggi tanaman (cm), Jumlah daun (buah), Umur berbunga (hari), Jumlah bunga (Buah), Panjang buah (cm), Jumlah buah (buah), Berat buah / sampel/panen (g), dan Berat buah /plot/panen (g). Hasil penelitian menunjukan bahwa pemberian pupuk organik berpengaruh tidak nyata terhadap seluruh parameter yang diamati. Pemberian Pupuk Fosfat berpengaruh  tidak nyata terhadap semua parameter yang diamati. Interaksi pupuk organik cair dan pupuk fosfat berpengaruh tidak nyata terhadap semua parameter yang diamati. 

Kata Kunci : Pupuk Organik Cair, Pupuk Pospat, Pertumbuhan dan Produksi Terung

Full Text : PDF

 

 

Jurnal Penelitian Bidang Ilmu Pertanian

Volume 13 Nomor 2, Agustus 2015

Respon Pertumbuhan dan Produksi Kacang Panjang (Vigna sinensis L.) Terhadap Pemberian EM4 dan Pupuk Kandang Sapi

Mindalisma dan Amri Simangungsong

Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret 2014 di jalan AH. Nasution No. 6 Kecamatan Medan Johor, dengan ketinggian tempat 25 meter diatas permukaan laut dengan topografi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi tanaman kacang panjang dengan perlakuan pupuk kandang sapi dan pupuk hayati EM4 pada taraf yang berbeda-beda. Rancangan yang digunakan adalah  Rancangan Acak Kelompok Fuktorial (RAK-F) dengan dua faktor yang diteliti,yaitu : faktor pupuk hayati Em4 (E) terbagi 4 taraf yaitu E0 = tanpa pemberian (kontrol), E1 = 5ml, E2 = 10ml, E3 = 15ml dan faktor pupuk kandang sapi (S)terdiri dari 4 taraf yaitu : S0 = tanpa pemberian (kontrol), s1 = 10ton/ha, S2 = 20ton/ha, S3= 30 ton/ha sedangkan parameter yangdiamati adalah panjang.

Kata Kunci : Pupuk EM4. dan polong

Full Text : PDF

 

Jurnal Pertanian Bidang Ilmu Pertanian 

Volume 16 Nomor 1, April 2018

Respon Pertumbuhan dan Produksi Tanaman Kedelai (Glycine maxx L.) Terhadap Pemberian Pupuk Organik Granul dan NPK Phonska

Mindalisma dan Chairani Siregar

Fakultas Pertanian Universitas Islam Sumatera Utara

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di Namorambe Komplek Kawilhan, Jl. Namorambe, Kecamatan Namorambe, Kabupaten Deliserdang. Dengan ketinggian tempat 25 mdpl dengan topografi datar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai terhadap pemberian pupuk organik granul dan npk phonska. Rancangan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK), yang terdiri dari dua faktor yaitu faktor pertama adalah pupuk organik granul yang terdiri atas 4 taraf yaitu G0( kontrol/tanpa perlakuan) , G1 (150 g/plat), G2 (300 g/plat), G3 (450 g/plat). Sedangkan faktor kedua adalah pupuk npk phonska yang terdiri dari 3 taraf perlakuain yaitu N1 (50 g/plat), N2 (100 g/plat), N3 (150 g/plat). Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman (cm), jumlah cabang, jumlah polong.

Kata Kunci : kedelai, pupuk organik granul, pupuk npk phonska

Full Text : PDF

 

Al Ulum Seri Saintek, Volume IV Nomor 1, Tahun 2016

Respon Pertumbuhan Vegetatif Bibit Kelapa Sawit (Elaesis guineensis JACQ) Terhadap Pemberian ZPT NAA dan Pupuk Kandang Ayam di Main Nursery

Ir. Mindalisma, MM., Ir. Murni Sari Rahayu, MP.

Fakultas Pertanian UISU

Abstrak

Penelitian ini telah dilakukan di Desa Sambirejo Pasar VII Tebung, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang dengan ketinggian tempat 25 m diatas permukaan laut topografi datar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon pertumbuhan bibit kelapa sawit dengan perlakuan ZPT NAA dan Pupuk kandang ayam pada taraf yang berbeda-beda. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) Faktorial, dengan dua Faktor yang diteliti yaitu Faktor Pemberian ZPT NAA (N) dengan empat taraf N0 = 0 Mg/L Air; N1 = 1,5 Mg/L Air; M2 = 3,0 Mg/L Air; N3 = 4,5 Mg/L Air dan faktor Pupuk Kandang Ayam dengan tiga taraf : A0 = 0 g/Polibek; A1 = 100 g/polibek; A2 = 200g/polibek. Parameter yang diamati adalah : tinggi bibit (cm); diameter batang (mm); jumlah daun (helai); total luasdaun (cm2); berat basah bibit (g) dan berat kering bibit (g). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ZPT NAA berpengaruh nyata terhadap berat basah daun; berat kering daun; berat basah akar; berat kering akar; tetapi berpengaruh tidak nyata terhdap tinggi bibit; diameter batang; jumlah daun dan total luas daun. Pemberian pupuk kandang berpengaruh nyata terhadap berat bsah daun; berat basah akar; berat kering akar.

Kata Kunci : ZPT; Pupuk Kandang Ayam; Pertumbuhan Bibit

Full Text : PDF

Link Jurnal Digital UISU :
nav-left nav-left nav-left tijarah julisa Jurnal sosial ekonomi Nur edukasi Tausiah