nav-left cat-right
cat-right

PENGARUH ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR

BAHASTRA
Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN: 2550-0848; ISSN Online : 2614-2988
Vol. 2, No. 2, Maret 2018

PENGARUH ANTARA MINAT DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR

Asnawati Matondang

FKIP Universitas Islam Sumatera Utara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh minat dan motivasi dengan prestasi belajar. Minat sangat besar pengaruhnya terhadap belajar karena bila siswa yang berminat terhadap sesuatu pelajaran akan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh karena ada daya tarik baginya. Minat belajar anak adalah suatu perhatian kesukaan (kecenderungan) untuk memperoleh prestasi belajar. Motivasi belajar adalah suatu faktor pendorong untuk berbuat sesuai dengan pengetahuan sehingga mendapatkan hasil prestasi belajar yang memuaskan. Oleh karena itu, tanda adanya motivasi belajar yang tinggi umumnya tinggi pula prestasi belajar matematikanya. Siswa yang mempunyai minat terhadap suatu pelajaran dan mempelajarinya dengan sungguh-sungguh karena ada daya tarik baginya. Sedangkan siswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi umumnya tinggi pula prestasi belajar. Sebaliknya, siswa yang rendah motivasi belajar maka akan rendah pula prestasi belajar. Bila tingkat motivasi belajar siswa tinggi maka aka nada usaha yang optimal dari siswa tersebut untuk bagaimana mendapat atau menyerap materi pelajaran yang optimal.

Kata Kunci : Pengaruh, Minat, Motivasi, Prestasi Belajar

Full Text :  PDF

Turnitin Checker :  PDF

Peer Review  :  PDF

Link Jurnal Digital UISU :
nav-left nav-left nav-left tijarah julisa Jurnal sosial ekonomi Nur edukasi Tausiah