nav-left cat-right
cat-right

dr. Ira Aini Dania, M.Ked (KJ)., Sp.KJ. dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan II Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia Cabang Sumatera Utara

dr. Ira Aini Dania, M.Ked (KJ)., Sp.KJ. dalam Pertemuan Ilmiah Tahunan II Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia  Cabang Sumatera Utara

Pertemuan Ilmiah Tahunan II

Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia Cabang Sumatera Utara

Depresi dan Ansietas : Tantangan Dalam Pengobatan

Ira Aini Dania

Bagian Psikiatri

Universitas Islam Sumatera Utara

ABSTRAK

Skizofrenia adalah satu dari duapuluhlima kasus tertinggi penyebab disabilitas di dunia pada tahun 2013, prevalensinya rendah akan tetapi secara sosial dan ekonomi sangat menjadi beban tidak hanya bagi pasien tetapi juga bagi keluarga yang secara langsung melibatkan emosi dan perasaan, dan lingkungan sekitar.

Beban ekonomi memegang peranan yang sangat penting didalam keluarga pada negara berkembang dan dunia ketiga. Beberapa faktor sebagai penyebab adalah biaya medis secara langsung, biaya medis tidak langsung. Terbatasnya durasi perawatan di Rumah sakit Jiwa, akses terhadap pengobatan merupakan hal yang sering dijumpai.

Penelitian terdahulu mengeksplorasi hubungan antara pengetahuan caregiver tentang skizofrenia dengan beban dan tantangan yang dihadapi caregiver dalam merawat penderita skizofrenia.

Federasi Kesehatan Mental Dunia melakukan pemantauan terhadap beban penyedia pelayanan jiwa bagi penderita gangguan jiwa kronis sebagai masalah global, hal ini menjadi  tantangan kedepan didalam mengatasi beban sosial ekonomi dalam tatalaksana  skizofrenia.

Kata Kunci: skizofrenia, caregiver, beban dan tantangan

 

Full Text :  PDF

Link Jurnal Digital UISU :
nav-left nav-left nav-left tijarah julisa Jurnal sosial ekonomi Nur edukasi Tausiah