nav-left cat-right
cat-right

KEGURUAN ; Jurnal Penelitian, Pemikiran, dan Pengabdian ; Volume 5 Nomor 2 ; Juli-Desember 2017

KEGURUAN ; Jurnal Penelitian, Pemikiran, dan Pengabdian ; Volume 5 Nomor 2 ; Juli-Desember 2017

Pengaruh Model Kooperatif Teams Games Tournament dengan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa

Wilda Wani Siregar

Dosen FKIP UISU

Abstrak

Model pembelajaran kooperatif TGT merupakan model pembelajaran berkelompok yang mengandung unsur permainan dan memberikan kesempatan kepada untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial dengan temananya dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pada model pembelajaran ini tiap kelompok terdiri dari 5 orang yang dipilih secara heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dengan media Power Point. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas. Sampel yang digunakan adalah random sampling. Data yang diperoleh menunjukkan populasi berdistribusi normal yaitu memiliki kemampuan yang setara dimana L hitung ˂ L tabel (0,1229˂0,190) untuk nilai post-test kelas eksperimen (Power Point). Uji Homogenitas data diperoleh nilai F hitung  ˂ F tabel (1,03˂2,31) pada hasil post-test menyatakan bahwa kemampuan populasi berarti homogen. Nilai rata-rata post-test pada kelas  eksperimen (Power Point) adalah Berdasarkan uji hipotesis nilai pre-test t hitung = 82 dengan standar deviasi adalah (S) = 6,158. < t tabel  yaitu 0,827 < 1,71 maka Hditolak, nilai post – test t hitung  > t tabel yaitu 1,81 >1,71 maka H0 ditolak dan Hditerima

Kata Kunci : Model, Kooperatif TGT, Power Point, Peta Konsep, Hasil Belajar, Asam Basa

Full Text : PDF

 

Link Jurnal Digital UISU :
nav-left nav-left nav-left tijarah julisa Jurnal sosial ekonomi Nur edukasi Tausiah