nav-left cat-right
cat-right

Jurnal LPPM “Wahana Inovasi” Volume 7 Nomor 2 Edisi Juli – Desember 2018, ISSN : 2089 – 8592

Jurnal LPPM “Wahana Inovasi” Volume 7 Nomor 2 Edisi Juli – Desember 2018, ISSN : 2089 – 8592

WAHANA INOVASI          VOLUME 7 No.2             JULI-DES 2018            ISSN : 2089-8592

PERAN PEMERINTAH KOTA MEDAN DAN APARAT PENEGAK HUKUM DALAM PROSES PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT PESISIR RAMAH LINGKUNGAN (Penelitian Di Belawan Kota Medan)

Mukidi
mayormukidi@gmail.com

ABSTRAK

Sumber daya alam yang selama ini menjadi pendukung utama pembangunan nasional perlu diperhatikan agar dapat memenuhi kepentingan generasi saat ini dan masa depan. Untuk itu berbagai kebijakan telah diterbitkan dalam mempertahankan sumber daya alam sebagai modal mewujudkan kesejahteraan seluruh bangsa dengan tetap mempertahankan daya dukung dan fungsi lingkungan hidup. Namun Sampai saat ini masih terjadi berbagai kerusakan, pencemaran, dan bencana alam akibat pengelolaan sumber daya alam yang mengesampingkan keberlanjutan fungsi lingkungan hidup. Kondisi tersebut diperparah oleh menurunnya tutupan vegetasi di kawasan lindung, hilangnya ekosistem mangrove/tanaman pantai di pesisir, semakin rusaknya Daerah Aliran Sungai (DAS), hilangnya sumber-sumber air dan semakin menurunnya kualitas air sungai dan laut. Dampak langsung yang terlihat nyata merugikan seperti terjadinya bencana kekeringan, banjir dan longsor di berbagai daerah yang menelan korban manusia, merusak/mengganggu fungsi infrastruktur yang sudah terbangun, dan memperburuk akses terhadap air bersih. Terhadap delematik di atas maka dirumuskan masalah tentang bagaimana memberdayakan ekonomi masyarakat pesisir belawan? Apa kendalanya dan bagaimana upaya pemerintah kota Medan khususnya aparat penegak hukum meningkatkan perekonomian masyarakat yang ramah lingkungan? Untuk menjawab permasalahan diatas di keluarkan penelitian empiris dengan lokasi Belawan.

Kata Kunci : Pemberdayan ekonomi, Ramah lingkungan

Full Text : PDF

 

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

JIHAD DALAM TAFSIR TEMATIK ALQURAN

(TAFSIR MAUDHU’I QS AL FURQAN:52 DAN AL BAQARAH:217)

Zakaria Siregar

zakariasiregar.2020@gmail.com

Dosen Prodi Ilmu Komunikasi Fisip UISU

ABSTRAK

Jihad merupakan kata yang tidak akan pernah lepas dari stigma umat Islam. Kata jihad merupakan wacana yang hadir sejak kehadiran agama Islam yang dibawakan Rasulullah SAW dan memiliki makna yang sangat luas. Sejarah perjalanan Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama Islam dan mempertahankan kalimat tauhid adalah gerakan jihad yang tercatat dalam sejarah perjalanan hidup Rasulullah SAW. Penelitian ini membahas secara spesifik mengenai makna jihad dalam tafsir tematik al-quran berdasarkan QS Al-furqan ayat 52 dan QS Al-Baqarah ayat 217.

Kata Kunci: Jihad, Tafsir Tematik

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

KETERAKSESAN KONTEN TENTANG PUBLIC

SPEAKING DENGAN CALL

Irpan Apandi Batubaradan Wariyati

Dosen FKIP Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

Irpan.batubara@yahoo.co.id

ABSTRAK

Computer Assisted Language Learning (CALL) dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Bantuan Komputer. Akses pembelajaran bahasa Inggris kini semakin terbuka dengan pemanfaatan teknologi internet. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keteraksesan konten tentang public speaking dengan CALL di internet. Objek penelitian adalah laman-laman berisi konten tentang public speaking yang ditawarkan kepada mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah. Hasil penelitian ini mengidentifikasi keteraksesan konten baik secara konektivitas internet, perangkat yang digunakan maupun akses pengguna. Selain itu, hasil penelitian ini menawarkan solusi akses belajar public speaking lainnya bagi mahasiswa bahasa Inggris di UMN Al Washliyah.

Kata Kunci : Konten Public Speaking, CALL

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

KETERAMPILAN BERBICARA MAHASISWA DENGAN INTEGRASI MEDIA SCREENCAST O MATIC DENGAN PEMBELAJARAN INKUIRI

 Rini Fadhillah Putri dan Rizqy Fadhlina Putri

Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dan Akuntansi, Universitas Muslim Nusantara Al washliyah, Jalan Garu II No. 93, Medan, Sumatera Utara, 20147, Indonesia.

E-mail: rinifadhillah25@gmail.com, Telp: +6285762007925

 ABSTRAK

Berdasarkan observasi dilapangan, mahasiswa belum mampu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran mereka. Hal ini dapat dilihat dari kecenderungan mahasiswa mampu mengikuti pembelajaran ketika materi yang disampaikan harus dijelaskan tahap demi tahap. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implememtasi screencast o matic dengan menggunakan pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan ketrampilan berbicara mahasiswa dan mengetahui interaksi implementasi screencast o matic dengan menggunakan pembelajaran inkuiri dalam meningkakan ketrampilan berbicara mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true experimental. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa semester IV jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah yang berjumlah 60 orang. Penelitian ini dibagi atas dua kelas yaitu kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II, dengan tehnik analisa data berupa ANAVA (General Linear Models), uji normalitas (one sample Kolmogorov Smirnov) dan homogenitas data (One way Anova), dengan menggunakan SPSS 22 IBM  for Windows dan MS.Excel untuk mengetahui skor masing-masing indikator. Hasil menujukkan (a) implementasi screencast o matic dengan menggunakan pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan  ketrampilan berbicara mahasiwa (b) tidak adanya interaksi implementasi screencast o matic dengan menggunakan pembelajaran inkuiri dalam meningkakan ketrampilan berbicara mahasiswa., hal ini terlihat dari nilai ketrampilan berbicara  > 0,05.

Kata Kunci : Ketrampilan Berbicara, Screencast O Matic, Pembelajaran Inkuiri

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MAN 1 TANJUNG PURA

 Hayatun Sabariah1,  Diani Syahfitri2

1 Mahasiswa PAISTAIJM

2 Dosen Prodi PAI STAIJM

 ABSTRAK

 UU No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen pasal 10 ayat 1 menjelaskan kompetensi yang wajib dikuasai oleh guru ada empat yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura, yang diharapkan akan menambah wawasan terkait dengan kompetensi pedagogik.Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam mengumpul-kan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari empat  guru Pendidikan Agama Islam, dan kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura. Dari hasil penelitian tersebut, kemudian data dikumpulkan dan dianalisis, setelah itu data direduksi, selanjutnya data tersebut disajikan dalam bentuk deskriptif yaitu berupa kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan penjelasan Pasal 28 ayat (3) butir a.Kesimpulan dalam skripsi ini bahwa guru pendidikan agama Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Tanjung Pura sudah baik. Hal ini berdasarkan analisis data yang dilakukan penulis terhadap guru pendidikan agama Islam dalam menguasai kompetensi pedagogik yaitu meliputi pemahaman peserta didik, pengembangan kurikulum, perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, pemanfaatan tekhnologi informasi dan komunikasi, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi.

Kata Kunci : Kompetensi, Pedagogik, Guru

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 PENILAIAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF : IMPLEMENTASI SIMULATION TECHNIQUE MELALUI MEDIA POSTER DI UNIVERSITAS

 Marina Sari Rambe dan Syarifah Ainy Rambe

Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah

Jalan Garu II No.93. Kecamatan Harjosari. 20147

Medan, Sumatera Utara, Indonesia

ABSTRAK

Mata Kuliah Speaking merupakan mata kuliah dasar yang harus di ambil oleh semua mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris. Pada mata kuliah speaking mahasiswa akan dituntut untuk mampu berbicara dan menjelaskan dengan menggunakan Bahasa Inggris dengan baik dan benar. Simulation Technique adalah merupakan salah satu tehnik simulasi yang mampu utnuk memacu dan meningkatkan minat mahasiswa dalam berbicara. Selain dari pada itu Simulation Technique juga mampu untuk meningkatkan cara berfikir mahasiswa untuk menjadi lebih kreatif. Simulation Technique merupakan salah satu tehnik yang mampu membuat mahasiswa untuk lebih kreatif dalam menciptakan suatu media, Poster adalah merupakan suatu media sederhana yang membantu mahasiswa dalam berbicara serta mengaplikasikan cara berfikir kreatif dari mahasiswa tersebut, sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Berfikir Kreatif pada Mahasiswa Semester II Pendidikan Bashasa Inggris di Universitas Muslim Nusantara dengan Mengimplementasikan Simulasion Technique pada media Poster. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Semester II Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muslim Nusantara dan sample diambil secara random sebanyak 40 orang mahasiswa. Metodologi penelitian yang diterapkan pada penelitian ini adalah Classroom Action Research (CAR) dimana akan dilakukan tiga siklus pada penelitian ini untuk melihat penigkatan nilai berfikir kreatif pada mahasiswa. Dari tiga siklus yang di lakukan pada penelitian ini terlihat peningkatan nilai berfikir kreatif pada mahsiswa dengan menggunakan tehnik simusali dan media poster. pada siklus I persentase idikator  terlihat masih sangat rendah, kepekaan 41,83%, kelancaran 42,25%, keluwesan 40,50%, keaslian 39,75% dan elaborasi 40,50%  Dengan menerapkan tehnik simulasi secara perlahan dan menggunakan media poster terdapat peningkatan nilai mahaiswa pada siklus II dan siklus III, pada siklus II kepekaan 50,50%, kelancaran 50,50%, keluwesan 40,50%, keaslian 50,50% dan elaborasi 50,50% sedangkan pada siklus III kepekaan 82,33%, kelancaran 81,25%, keluwesan 80,25%, keaslian 80,25 % dan elaborasi 85,25 %. Hal ini menunjukkan bahwasannya penerapan tehnik simulasi dinilai efektif untuk meningkatkan cara berfikir kreatif mahasiswa dengan menggunakan media poster. Penggunaan tehnik Simulasi dalam Berfikir Kreatif dengan menggunakan media Poster sangat efektif untuk membantu mahasiswa pendidikan Bahasa Inggris semester II UMN Al WAshliyah dalam menambah kosa kata (vocabulary) dalam mata kuliah speaking sehingga meningkatkan kemampuan mahasiswa untuk lebih berani dalam berbicara dimuka umum.

Kata Kunci : Simulation Technique, Media Poster, Bahasa Inggris

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH  NASABAH PADA PT. BANK SUMUT SYARIAH CABANG PEMBANTU STABAT KABUPATEN LANGKAT TAHUN 2017

 Sri Herlina

Sekolah Tinggi Agama Islam Syekh H.A.Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai

Jl.Ir.H.Juanda No.5 Binjai kode pos 20732

Email sriherlinaalhikmah@gmail.com

 ABSTRAK

PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat mendapat dukungan dari Pemerintah dan mulai beroperasi pada tahun 2006 berdasarkan Surat Keputusan Direksi No. 497/DIR/DPP–PP/SK/2006 tanggal 26 Desember 2006 tentang pembukaan Kantor Cabang Pembantu PT Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui program strategi pemasaran pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat di Kabuptaten Langkat Sumatera Utara, untuk mengetahui dan mengevaluasi penilaian nasabah terhadap strategi pemasaran /marketing mix pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat di Kabupaten Langkat Sumatera Utara Penelitian ini merupakan penelitian lapangan . Total populasi dalam penelitian ini berjumlah 3.144 nasabah. Sedangkan sampel berjumlah 163 nsabah yang dijaring setelah diberikan angket. Setelah diperoleh data dilakukan Uji Statistik Chi Kuadrat dengan α = 0,05 dan dk = (4-1) (3-1) = 6,   X2 = 25,85 > X2 0,95 (6) = 12,6. Ternyata hasil pengujian ada hubungan antara kelompok umur dengan penilaian strategi pemasaran pada PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat, strategi pemasaran yang dilaksanakan sangat  baik, memuaskan nasabah, efektif, semakin menambah jumlah nasabah. Produk Unggulan PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat adalah tabungan Marhamah dengan setoran pembukaan rekening sebesar Rp. 100.000,- dengan biaya administrasi Rp. 2.000,- / bulan dan bagi hasil yang bersaing yang ditentukan oleh Dewan Direksi sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada Promosi yang dilakukan PT. Bank Sumut Syariah Cabang Pembantu Stabat melalui undian yang dilakukan dua kali dalam setahun, iklan melalui media cetak, dan brosur.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Jumlah Nasabah

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 STUDI ISLAM (ISLAM EKSKLUSIF DAN INKLUSIF)

Ahmad Fuadi

Dosen Prodi PAI STAIJM

ABSTRAK

Agama adalah sebuah fenomena yang kaya sekaligus sangat kompleks. Agama mengandung berbagai dimensi: ritual, doktrinal, etikal, sosial dan experiensial – begitu pulalah halnya dengan Islam sebagai agama, dimana telah iman kita bahwa agama Islam adalah agama yang sempurna. Bertitik tolak dari keimanan ini kita menyakini pula bahwa Islam adalah cara pandang hidup (way of life) yang total dan padu menawarkan landasan moral dan etis bagi pemecahan semua masalah kehidupan; Islam adalah din (agama), dunya (dunia) dan daulah (negara/politik); Islam adalah sistem keyakinan dan sistem hukum (aqidah wa syari‟ah); dan sebagai agama yang sempurna yang didesain Tuhan sampai akhir zaman. Atas dasar realitas Islam yang kompleks tersebut maka Hajriyanto Y. Tohari, membahasakan bahwa Islam adalah risalah yang universal (untuk semua manusia) yang pasti relevan bagi setiap perkembangan zaman dan tempat (shalih li-kulli zaman wa makan), mondial (untuk seantero dunia) dan eternal (sampai akhir zaman). Pada pandangan yang lain, agama merupakan gejala sosial yang ada dan berkembang setua perkembangan masyarakat itu sendiri. Setiap masyarakat memiliki motif untuk beragama atau – jika” memakai istilah C.G Jung – nuturaliter religiosa, sebagai manifestasi dari fitrah manusia yang membutuhkan tuntunan dalam memecahkan problematikanya. Maka beragama berarti pengakuan akan keterbatasan, sekaligus ketundukan masyarakat pada seperangkat nilai transedental (bukan nilai yang propan). Dengan begitu, adalah wajar kemudian masyarakat selalu mengkorelasikan setiap momentum yang alami dalam menjalani kehidupannya dengan agama. Tetapi realitas itu semua tidak berarti Islam itu semacam “paket resep jadi” yang sifatnya monolitik dan rejimentif (serba seragam)  untuk  setiap  ruang  dan  waktu  tanpa  memerlukan  sama  sekali ijtihad – yakni penyegaran  pemahaman sesuai dengan dinamika tantangan zaman dan relevansi lokal. Demikian halnya dengan Islam di Indonesia sebagai kekuatan mayoritas telah menunjukan peran nyata dalam sejarah yang panjang – tidak saja secara historis (hal itu terbukti sejak masa pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia) – tetapi juga secara sosiologis Islam berperan aktif dalam proses pemberdayaan yang berlangsung terus-menerus. Proses tersebut berjalan mengikuti irama kehidupan yang wajar sesuai tuntunan dinamika masyarakat. Yang perlu dicatat bahwa meskipun perubahan-perubahan mendasar terjadi karena adanya perombakan sistem, namun seringkali diawali dengan gerakan pemikiran yang dikumandangkan oleh sejumlah tokoh.

Kata Kunci : Islam Eksklusif dan Inklusif

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 KARAKTERISTIK PENDERITA KANKER NASOFARING DI RSUD Dr. PIRNGADI MEDAN TAHUN 2018

 Henny Arwina Bangun, Afni Misrawati Simanjuntak

Email : henny_wina@yahoo.co.id

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan

Universitas Sari Mutiara Indonesia

 ABSTRAK

Kanker nasofaring adalah kanker yang terbentuk dijaringan nasofaring, yang merupakan bagian atas tenggorokan (faring) yang terletak dibelakang hidung.karsinoma nasofaring termasuk dalam 5 besar tumor ganas dengan frekuensi tertinggi di Indonesia. Terdapat 68 kasus kanker nasofaring di RSU Dr. Pirngadi Medan pada tahun 2016.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik penderita kanker nasofaring di RSU Dr.Pirngadi Medan. Jenis penelitian bersifat deskriptif dengan desain time series. Penelitian ini dimulai dengan melakukan survei pendahuluan pada bulan Oktober 2016 – Juni 2017. Populasi dan sampel yaitu 68 kasus. Analisa data dilakukan dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menyatakan bahwa sebanyak 68 penderita KNF pada tahun 2016 di RSU Dr.Pirngadi Medan dengan jumlah pria lebih banyak yaitu 47 kasus (69,1%), kelompok umur yang terbanyak menderita KNF adalah 40-50 tahun (63,2%). Kebanyakan pasien datang dengan stadium IVB (38,2%), kemudian sebagian besar pasien diberikan kemoradiasi sebanyak 58,8 %. Disarankan bagi pihak RSU Dr. Pirngadi Medan diharapkan untuk melengkapi pencatatan rekam medis khususnya yang berkaitan dengan penyakit kanker nasofaring seperti stadium, keluhan dan pengobatan (jenis tindakan medis).

Kata Kunci :     Kanker Nasofaring, Karakteristik Penderita

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 HARMONISASI TRI PUSAT PENDIDIKAN MEMPENGARUHI SIKAP AGAMA PADA REMAJA

(Suatu Tinjauan Psikologis)

Zaifatur Ridha

Dosen Prodi PAI STAIJM

ABSTRAK

Diantara pihak-pihak yang berperan besar dalam mendidik dan mengarahkan tiap individu menuju arah yang jelas dan benar adalah keluarga, sekolah dan lingkungan. Tiga unsur ini lebih dikenal juga dengan istilah tripusat pendidikan utama. Keluarga, sekolah dan lingkungan tersebut bila dipandang dari kacamata pembentukan pribadi yang kompeten di segala bidang, sangatlah berkaitan erat dan saling membutuhkan antara yang satu dengan yang lain. Ketiadaan salah satu unsur tersebut dapat menimbulkan ketidak selarasan dan ketidak seimbangan yang akan membentuk hingga pribadi tersebut menjelang masa kedewasaannya kelak. Peran tri pusat pendidikan  ( keluarga, sekolah dan masyarakat). Masa remaja yang merupakan masa transisi antara masa kanak-kanak dan masa dewasa mencakup perubahan biologis  kognitif, sosial emosional. Permasalahan yang sering muncul sering kali disebabkan ketidaktahuan para orang tua, pendidik dan masyarakat tentang berbagai tuntutan psikologi ini, sehingga perilaku mereka seringkali tidak mampu mengarahkan remaja menuju perkembangan mereka. Bahkan tidak jarang orang tua, pendidik dan masyarakat mengambil sikap yang tidak sejalan  dari yang seharusnya diharapkan, sehingga semakin mengacaukan perkembangan diri para remaja tersebut. Dengan demikian di harapkan para orang tua, pendidik dan masyarakat dapat memberikan motivasi yang tepat untuk mendorong remaja menuju pada kepenuhan dirinya.

Kata Kunci : Pendidikan, Agama, Remaja

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

KONSEP MANUSIA DALAM ISLAM Studi terhadap Eksistensi Manusia

Budi Abdullah

Dosen Tetap Program Studi Perbankan Syariah STAI Syekh H. Abdul Halim Hasan

Al Ishlahiyah Binjai

ABSTRAK

Manusia merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang memiliki derajat paling tinggi di antara ciptaan yang lain. Pada dasarnya manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.Manusia sebagai makhluk individu mempunyai sifat-sifat individu khas yang berbeda dengan manusia lainnya.  Manusia berbeda dengan manusia lainnya. Manusia sebagai individu bersifat nyata, yaitu mereka berupaya untuk selalu merealisasikan kepentingan, kebutuhan, dan potensi pribadi yang dimilikinya. Hal tersebut akan terus menerus berkembang menyesuaikan dengan perkembangan kehidupan yang dialaminya dan pertumbuhan yang ada pada dirinya.  Setiap manusia senantiasa akan berusaha mengembangkan kemampuan pribadinya guna memenuhi berbagai kebutuhan dan mempertahankan hidupnya.

Kata Kunci : Manusia, Islam dan Konsep

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

KARAKTERISTIK PASIEN PENDERITA KANKER OVARIUM YANG RAWAT INAP DI RSUD

Dr. PIRNGADI MEDAN TAHUN 2012 – 2016

Lia Rosa Veronika Sinaga, Martha Rosalina Lumbantoruan

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan

Universitas Sari Mutiara Indonesia, Jl. Kapten Muslim No.79 Medan

20123, Indonesia, Email :liarosav@yahoo.com, Phone : +6285262278042

ABSTRAK

Kanker ovarium merupakan salah satu keganasan ginekologi yang paling sering ditemukan pada perempuan dan menempati urutan kedua setelah kanker serviks. Berdasarkan Survei Demografi Kesehatan Indonesia angka kejadian kanker ovarium di Indonesia mencapai 37,2%, dan paling sering terdapat pada wanita berusia antara 20-50 tahun dan jarang pada pubertas. Untuk mengetahui karakteristik penderita kanker ovarium yang dirawat inap di RSUD Dr. Pirngadi Medan tahun 2012-2016, penelitian deskriptif dengan desain Case series.Populasi penelitian ini adalah 155 dan semua dijadikan sampel, analisa data dengan uji statistik anova, dan uji T- Independen.Hasil proporsi tertinggi penderita kanker ovarium berdasarkan: umur 36-50 tahun 54,2%, tidak ada riwayat penyakit keluarga 94,8%,riwayat menstruasi  12 tahun 68,4%, status kawin 92,9%, tidak memakai kontrasepsi 88,4%, pulang berobat jalan 87,1%, dan lama rawatan rata- rata 2,03 minggu. Ada perbedaan proporsi lama rawatan rata- rata berdasarkan umur, keadaan waktu pulang.Tidak ada perbedaan proporsi lama rawatan rata- rata berdasarkan riwayat penyakit keluarga, status perkawinan.Disarankan rumah sakit dan unit pelayanan kesehatan lebih aktif memberikan informasi tentang kanker ovarium, dan kepada kaum wanita penderita kanker ovarium agar lebih memperhatikan tanda dan gejala serta faktor risiko yang dapat menyebabkan terjadinya kanker ovarium.

Kata Kunci : Penderita Kanker ovarium, Karakteristik

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 THE EFFECT OF PROJECT-BASED LEARNING AND EXPERIENTIAL-BASED LEARNING MODELS IN STUDENTS’ INTERPERSONAL COMMUNICATION AND COGNITIVE SKILL

Nazriani Lubis*, Asnarni Lubis **

*English Education Department of Muslim Nusantara University Al Washliyah

**Math Education Department of Muslim Nusantara University Al Washliyah

Jalan Garu II No.93. KecamatanHarjosari. 20147 Medan, Sumatera Utara, Indonesia

 ABSTRACT

The objectives of the research are to find out whether there is a significant effect of students’ interpersonal communication and cognitive skill, and whether there is an interaction occured among the variables. To achieve the objectives of the research, it was carried out by applying quantitaive reaseach method with factorial design 2X2. English Department students of UMN Alwashliyah who took Rhetoric subject was selected as the population, then, two classes with 40 students for each were chosen  as the sample of the research by applying random purposive sampling. All the data found was analyzed by using normality test through one sample Kolmgorov Smirnov, and also be tested through one way anova to investigate the homogeneous with Sig > 0.05 Then, all the data found would be analyzed by using multivariate anova (manova) with sig < 0.05 and futher analysis  would be used SPSS 22 IBM for Windows. Based on the finding of the research, it could be concluded that students’ interpesonal skill taught by model collaboration significantly affect to the students’ interpersonal communication skill with one of the highest indicator obtained “open” 94 was higher than class experimental class II 80.67. In addition, there was an interaction implementing project-based learing and experiential-based learning models with Sig 0.000 < 0.005. It could be indicated that interactive learning process that did not  only make students more confidently to practice their interpersonal communication skill but it also built up students’ character since interpersonal communication skill always approaches to character building.

Keywords :   Project-Based Learning, Experiential-Based Learning, Interpersonal Communication, Cognitive Skil

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN KONDOM PADA PELANGGAN WPS SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN HIV/AIDS DI DESA MARINDAL I (SATU) TAHUN 2017

 Ronni Naudur Siregar

Program Studi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Farmasi dan Ilmu Kesehatan

Universitas Sari Mutiara Indonesia

Onisiregar62@gmail.com

ABSTRAK

Infeksi menular seksual (IMS) adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, parasit, atau jamur yang penularannya terutama melalui hubungan seksual dari seseorang yang terinfeksi kepada mitra seksualnya.Hasil survey awal di 5 (lima) kafe yang ada dimarindal I. Peneliti mendapat informasi bahwa masih banyak pelanggan WPS tidak menggunakan kondom saat melakukan hubungan seks. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh WPS yang bekerja di kafe yang dijadikan tempat penelitian.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui factor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan kondom oleh pelanggan WPS di Desa Marindal I tahun 2017.Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan jumlah populasi 73 WPS yang sekaligus diambil sebagai sampel.Hasil penelitian diperoleh bahwa mayoritas responden berusia 20 – 35 tahun (38.4%), WPS berpendidikan SD (39.7%), berstatus belum menikah (43.8%), memiliki pengetahuan yang kurang baik (53.4%), memiliki pengalaman menderita IMS (53.3%), yang tidak berkeinginan memeriksakan kesehatan reproduksi (52.1%) dan WPS menyediakan kondom (54.8%).Hasil uji statistik diketahui bahwa terdapat hubungan antara pendidikan, pengetahuan, pengalaman, keinginan dan ketersediaan kondom dengan penggunaan kondom dengan nilai p= 0,000. Dengan demikian diharapkan agar tenaga kesehatan dapat rutin dalam melakukan kunjungan dan bagi WPS serta pengelola Kafe agar menyediakan kondom dan selalu meyarankan kepada pelanggan yang ada agar menggunakan kondom saat melakukan hubungan seksual.

Kata Kunci    :  Umur, Pendidikan, Status Pernikahan, Pengalaman, Keinginan, Ketersediaan Penggunaan Kondom

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

PENERAPAN SISTEM REWARD DAN PUNISHMENT DALAM MENINGKATKAN  PRESTASI SISWA DI SD NEGERI 097803 TANJUNG MARIAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

 Birman Saragih

NIP: 196311091984041001

Guru SD Negeri 097803 Tanjung Mariah

 ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah pelaksanaan pemberian Reward and punishment yang dilakukan oleh guru   kepada siswa di sekolah dan masalah-masalah apa saja yang diperbuat siswa, sehingga guru memberikan pujian dan hukuman tersebut. Besarnya pengaruh/ kontribusi pemberian Reward and punishment yang diberikan oleh guru terhadap Disiplin belajar siswa di sekolah tersebut. Penelitian ini dilakukan pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 di SD Negeri 097803 Tanjung Mariah, sedangkan yang menjadi subyek penelitian adalah seluruh guru Sd Negeri 097803 Tanjung Mariah yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 7 guru PNS dan 4 Non PNS. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan April 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Reward dan Punishment efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di SD Negeri 097803 Tanjung Mariah. Data yang diperoleh menunjukan bahwa setelah diadakan penerapan tindakan berupa Reward dan Punishment, siswa yang berprestasi semakin banyak dan siswa yang memperoleh trophy penghargaan juga semakin banyak baik di bidang olahraga. Penerapan Reward dan Punishment dapat meningkat prestasi siswa di kelas I sampai kelas VI pada kegiatan belajar mengajar.

Kata Kunci :     Prestasi Siswa, Sistem Reward dan Punishment

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SIRKUS POHON  KARYA ANDREA HIRATA

Asnani, Safitri Hariani, Pardi, Sri Wulan

Faculty of Literature, Islamic University of North Sumatera, Medan

asnani@sastra.uisu.ac.id

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa nilai-nilai pendidikan karakter di dalam novel Sirkus Pohon karya Andrea Hirata. Nilai-nilai pendidikan karakter yang digunakan adalah nilai-nilai karakter yang dikemukakan oleh kementrian pendidikan nasional yang berjumlah delapan belas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang paling cocok bagi fenomena sastra (Endraswara, 2011). Hasil penelitian ini bahwa keseluruhan delapan belas nilai-nilai pendidikan karakter terdapat di dalam sifat para tokoh di Sirkus Pohon, yaitu   religius, disiplin, jujur, toleransi, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan/ nasionalisme, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.

Kata Kunci : Nilai Pendidikan Karakter, Sirkus Pohon

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMBEDAKAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN DI SETIAP SATUAN PENDIDIKAN SMK NEGERI KOTA TEBING TINGGI

Rakhmawati Purba

Dosen STIE Bina Karya Tebing Tinggi

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang membedakan pembiayaan pendidikan di setiap satuan pendidikan SMK Negeri Kota Tebing Tinggi. Pendidikan memegang peranan penting dalam mengubah kondisi kehidupan seseorang di dalam suatu tatanan masyarakat yang membutuhkan pengorbanan dalam bentuk biaya. Ketersediaan dana pendidikan sejak dulu masih menjadi masalah baik dalam segi jumlah maupun mutunya. Di negara berkembang, termasuk Indonesia sumber dana untuk membiayai pendidikan berasal dari pemerintah, dalam hal ini dari APBN dan APBD yang besarnya tergantung pada kemampuan negara dan komitmennya terhadap pendidikan. Dalam mengurangi tingkat pengangguran atau meminimalis pengangguran kota Tebing Tinggi, pemerintah daerah merumuskan strategi pendidikan  kejuruan. Dengan memperhitungkan besarnya biaya pendidikan pada satuan pendidikan SMK, meliputi biaya penyelenggaraan dan biaya pribadi peserta didik, diharapkan pemerintah selaku salah satu sumber pembiayaan lebih menyalurkan bantuan dana pada SMK. Jenis penelitian ini memakai teknik  analisis deskriptif kuantitatif. Objek penelitian adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri kota Tebing Tinggi.Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMK Negeri Tebing Tinggi. Metode mengumpulkan data memakai tehnik Triangulasi (wawancara, kuesioner dan observasi). Faktor yang membedakan pembiayaan pada tiap SMK Negeri adalah besarnya dana komite sekolah dan jumlah peserta didik, status sosial ekonomi peserta didik serta biaya praktek yang diterapkan sesuai tuntunan kurikulum yang dipakai.

Kata Kunci :     Analisis Faktor-faktor, Pembiayaan Pendidikan

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

UPAYA GURU SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS SISWA SD NEGERI 173430 SAITNIHUTA KECAMATAN DOLOK SANGGUL KABUPATEN HUMBANG HASUNDUTAN T.P. 2017/2018

Rich Dunfive Simamora

NIP: 19740120 200003 1 005

SD Negeri 173430 Saitnihuta Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan

ABSTRAK

Guru adalah figur yang sering menjadi sorotan utama dalam dunia pendidikan. Karena memegang fungsi dan peranan penting dan merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Guru juga berperan sebagai model bagi peserta didik. Dengan kata lain, diperlukan adanya pembinaan yang sistematis dan terencana bagi para guru. Guru di Indonesia juga tidak jarang telah di posisikan mempunyai peran ganda bahkan multi fungsi. Mereka di tuntut tidak hanya sebagai pendidik yang harus mampu mentransformasikan nilai-nilai ilmu pengetahuan, tetapi sekaligus sebagai penjaga moral bagi anak didik. Bahkan tidak jarang, para guru dianggap sebagai orang kedua, setelah orang tua anak didik dalam proses pendidikan secara global.

Penelitian ini dilakukan selama satu bulan yang dimulai dari tanggal 3 Mei sampai dengan tanggal 5 Juni tahun 2018. Penelitian dilakukan di SD Negeri 173430 Saitnihuta Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan T.P.2017/2018.

Berdasarkan hasil penelitian dan data yang dihimpun serta diinterpretasikan oleh penulis, maka secara keseluruhan guru SD Negeri 173430 Saitnihuta Kecamatan Dolok Sanggul Kabupaten Humbang Hasundutan menyatakan bahwa guru sertifikasi di SD tersebut berupaya untuk meningkatkan kualitas pengajarannya. Khususnya setelah mereka sertifikasi. Guru-guru tersebut berupaya untuk mencapai gelar sarjana dan mengembangkan keterampilan mengajarnya. Walaupun masih ada 1(satu) orang guru yang belum sarjana, tetapi kepala sekolah tetap menganjurkan kepada guru tersebut agar melanjutkan pendidikanya. Sehingga program pemerintah dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas pun tercapai.

Kata Kunci :  Guru, Sertifikasi, Kualitas Siswa

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

HUBUNGAN POLA PEMBERIAN ASI DAN MP-ASI DENGAN KENAIKAN BERAT MINIMAL (KBM) ANAK USIA  6-12 BULAN DI KELURAHAN SETIA NEGARA KOTA PEMATANGSIANTAR

Lusyana Gloria Doloksaribu¹ Ester Siska Novita Manik2

1. Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Medan 2. Alumni Jurusan Gizi Poltekkes Medan

 ABSTRACT

Background: Breast milk is given first after the child wakes up in the morning and after the child sleeps at night and between snacks and fruit during the day to meet the nutritional needs. Right MP-ASI Giving Pattern is the provision of MP-ASI given together with the provision of ASI first by fulfilling 3 things, namely Right Schedule, Right Type, and Right Amount.

Objective: A relationship between the pattern of breastfeeding and MP-ASI with minimal weight gain (KBM) of children aged 6-12 months in Setia Negara Pematangsiantar City

Methods: Location research in the Setia Negara Pematangsiantar City, November-December 2017. This study uses a cross sectional study, samples were bereastfeeding infants 6-12 months as many 39 people.

Conclusion: Results of the study using the Chi Square test showed that there was a relationship between the pattern of breastfeeding with minimal weight gain (KBM) of children aged 6-12 months in Setia Negara Pematangsiantar City (p = 0.042) and there was no relationship between the pattern of MP-ASI administration with a minimum weight gain (KBM) for children aged 6-12 months in Setia Negara Pematangsiantar City (p = 0.544)

Keywords:    Breast Feeding, Complementary Feeding, Minimum Weight Increase.

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

PENGARUH MOTIVASI KERJA, KECERDASAN EMOSIONAL DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI         PT. LAUTANDHANA SECURINDO MEDAN

Supriadi

Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara

Email : adysupriadi@fe.uisu.ac.id

ABSTRAK

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Bagaimana pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan. Bagaimana pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan. Bagaimana pengaruh motivasi kerja, kecerdasan emosional dan stres kerja terhadap kinerja karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja karyawan. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan. Untuk mengetahui pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan. Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, kecerdasan emosional dan stres kerja terhadap kinerja karyawan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang karyawan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa variabel motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel stres kerja berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel motivasi kerja, kecerdasan emosional dan stres kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.

Kata Kunci :     Motivasi, Kecerdasan Emosional, Stres, Kinerja  

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

PENGARUH BERBAGAI JENIS BAHAN PEMBENAH TANAH TERHADAP KTK TANAH GAMBUT

Nurhayati

Dosen Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh

ABSTRACT

This study was aimed at determining kinds of soil amendements that increase fertility on peat soil. The research was conducted in Soil Chemistry Laboratory, Agriculture Faculty, Syiah Kuala University, Darussalam Banda Aceh from December 2013 to March 2014. The experiment was arranged in a completely randomized design (CRD) with 8 treatments and three replications. Kinds of soil amandements evaluated were: control, mineral soil, sawdust, lime, mineral soil + sawdust, mineral soil + lime, sawdust + lime, sawdust + lime+ mineral soil. The result showed that the amendements decreased Cation Exchange Capacity (CEC). Sawdust + mineral soil had the highest ability to decreased CEC.

Key words:    Amendements, base saturation, Cation Exchange Capacity, peat soil

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEIKUTSERTAAN WANITA PASANGAN USIA SUBUR MENJADI AKSEPTOR KB TUBEKTOMI DI KECAMATAN RANTAU UTARA KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2016

Fitriyani Nasution

Dosen tetap Akbid Ikabina Labuhanbatu

 Fitriyani.nst86@gmail.com

ABSTRACT

Tubectomy  is a medical act by closing uterine tube in order that there will be not offspring in the long run or for the whole life. It can be done when a married  couple has gotten married for 26 years,has two children and the smallest child is at least 2 years old, and has a harmonious family life. Tubectomy is very simple and effective.The objective of this research was to find out some factors which were correlated with the participation of productive aged young women in becoming family planning acceptors of tubectomy in Rantau Utara Subdistrict, Labuhanbatu Regency. The Reasearch was a survey with case control design by comparing case group with control group, based on exposure status. The population was 13,279 productive aged Women in Rantau Utara Subdistric  Labuhanbatu  Regency,72 of them  were used as the sample which consisted of 36 respondents in the case control and the order 36 respondents in the control group, taken by using random sampling technique. The Data were analyzed by univariate analysis, bivariate analysis, and multivariate analysis. The Result of the research showed that there was the correlation between in the intention to act and the participation in becoming family planning acceptors of tubectomy at p value = 0,009, between social support and the participation in becoming family planning acceptors of tubectomy at p value = <0,001,between health information and  facility and the participation in becoming family planning acceptors of tubectomy at p value = < 0,016 , and between personal autonomy to act and the participation in becoming family planning acceptors of tubectomy at p value =<0,005. There was not correlation between in the possible situation to act and the participation in becoming famly planning at p value =<0,120. The variable which had the most dominant correlation with the partipation in becoming family planning acceptors of tubectomy was social support (p = 0,001;OR =8,5). Productive aged women with bad social support would have the oppurtunity of 8,5 times bigger than those with good social support

Keywords: Participations of Productive Aged women, Tubectomy Family Planning

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

DETERMINAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU YANG MEMILIKI BAYI 6 – 12 BULAN DI KELURAHAN SIOLDENGAN KECAMATAN RANTAU SELATAN KABUPATEN LABUHANBATU TAHUN 2016

Syafrina Batubara1, Myrnawati2, Taruli Rohana Sinaga

1Alumni Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat USM-Medan 2Staf Pengajar Fakultas Kesehatan Masyarakat USM-Medan

ABSTRACT

 Referring to 80% of the program target in 2014, the national coverage of breastfeeding 6-12 month-old babies with exclusive ASI (breast milk) of 52.3% did not achieve the target. Meanwhile, based on the report from the Provincial Health Agency in 2013, the coverage of breastfeeding 6-12 month-old babies was only 54.3%. The objective of this research was to analyze the determinants of breastfeeding with exclusive ASI in women who had 6-12 month-old babies at Kelurahan Sioldengan, Rantau Selatan Subdistrict, Labuhanbatu Regency. The research was a survey with cross sectional design. The population was 181 women who had 6-12 month-old babies, and 100 of them were used as the samples, taken by using simple random sampling technique. The data were gathered by conducting interviews and using questionnaires and analyzed by using chi square test at α = 95%. The result of the research showed that there was the correlation of knowledge with breastfeeding with exclusive ASI in women who had 6-12 month-old babies at Kelurahan Sioldengan, Rantau Selatan Subdistrict, Labuhanbatu Regency. It is recommended that health care providers at Kelurahan Sioldengan, Rantau Selatan Subdistrict, Labuhanbatu Regency, increase the collaboration with the Health Agency and hospitals, puskesmas, and maternity clinics in Rantauprapat in supervising to increase breastfeeding with exclusive ASI, to increase counseling for women, especially pregnant and breastfeeding women, through health care providers at Puskesmas about increasing knowledge of exclusive ASI and the effect of giving babies other food supplements too early. Health care providers should increase counseling directly or through electronic media about the wrong habit of giving food supplement to babies too early at Kelurahan Sioldengan, Rantau Selatan Subdistrict by involving health cadres and other public institutions.

Keywords: Predisposition Factor, Enabling Factor, Strengthening Factor, Breastfeeding Exclusive ASI

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

SISTEM PENGENDALIAN INTERN PADA PROSES PEMBERIAN KREDIT MIKRO PADA PT. BRI (PERSERO) Tbk UNIT MARENDAL MEDAN SM. RAJA

 Porkas Sojuangon Lubis

Dosen Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Al Washliyah (UNIVA) Medan

 ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban dari suatu permasalahan, yaitu untuk mengetahui sistem pengendalian intern pada proses pemberian kredit mikro pada bank Rakyat Indonesia Unit Mariendal SM Raja, dan untuk mengetahui pengawasan terhadap pemberian KUM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Focus dalam penelitian ini adalah prosedur pemberian KUM, pengawasan KUM serta unsur pengendalian intern yang sudah diterapkan pada BRI Unit Mariendal SM Raja. Hasil penelitian  menunjukkan sistem akuntansi pembiayaan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Unit Mariendal Medan SM Raja, sudah baik sesuai dengan kebijakan perbankan yang menerapkan prinsip 5 C dan prinsip kehati-hatian (prudential banking practices) dalam pemberian pembiayaan kredit dari segi repayment capacity, tingkat suku bunga pada masing-masing jenis kredit, batas maksimum pemberian kredit, jaminan yang memiliki nilai marketability kemudian dikelola sampai tingkat kebijakan dalam upaya penyelamatan resiko yang terjadi. Namun demikian dari segi Pengawasan Kredit Usaha Mikro masih memiliki beberapa kekurangan, kekurangan tersebut pada saat pengawasan kredit Ka. Unit belum ikut terjun langsung untuk melakukan pengawasan dan pembinaan kepada nasabah yang bersangkutan. Pada saat penolakan kredit atau kredit tidak disetujui belum adanya surat keterangan penolakan kredit yang disertai dengan alasan kredit tidak dapat diproses.

Kata Kunci : Pengendalian Intern, Kredit, Usaha Mikro Kecil

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

STUDI NUMERIK PERILAKU LINK GESER PROFIL WF DENGAN PENGAKU DIAGONAL BADAN TERHADAP RASIO KETEBALAN DAN LEBAR SAYAP PADA SISTEM STRUKTUR RANGKA BAJA BERPENOPANG EKSENTRIK (EBF) TIPE K AKIBAT PEMBEBANAN SIKLIK

Ronal H.T Simbolon

Prodi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Islam Sumatera Utara

Ronal.h.t.simbolon@ft.uisu.ac.id

Abstrak

Penelitian dan inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja link dalam sistem EBF sudah banyak dilakukan. Inovasi ini diantaranya dengan cara memodifikasi tipe pengaku dari tipe vertical menjadi diagonal dan hasilnya  kinerja link meningkat cukup signifikan namun terjadi plastifikasi awal (premature plastification) pada sayap link.  Inovasi tersebut kemudian diteliti kembali berkaitan dengan perilaku link geser (shear link) profil WF pengaku diagonal terhadap rasio antara tebal dan lebar sayap link untuk mengetahui sampai sejauh mana pengaruhnya terhadap proses plastifikasi awal pada sayap link dan sejauh mana kontribusinya terhadap kinerja link. Penelitian ini dilakukan dengan  kajian secara numerik menggunakan analisis elemen hingga nonlinier. Kajian numerik dilakukan dengan membuat model portal eccentrically bracing frame (EBF) dengan link geser (shear link) serta 3 variasi ketebalan pelat sayap dimana portal dan link dimodelkan dengan elemen hingga. Pada setiap model benda uji tersebut diberikan beban dengan kontrol perpindahan secara statik monotonik dan siklik. Kajian numerik ini dilakukan dengan bantuan perangkat lunak komputer MSC/NASTRAN versi 70.5 dan windows 2.0. Kajian pada penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penambahan tebal plat pada bagian sayap profil WF, peningkatan kinerja link dalam hal kekuatan, kekakuan, daktilitas dan disipasi energi tidak signifikan tetapi yang terlebih penting dapat menghambat terjadinya proses plastifikasi awal (premature plastification) pada sayap link.

Kata Kunci: Link geser, pengaku diagonal, ketebalan pelat sayap, rasio, kekuatan, kekakuan,  daktilitas,  dissipasi  energi

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

Pengaruh Kompensasi Karyawan terhadap Kinerja Karyawan

Andi Sahputra, SE, MM.

Politeknik Ganesha, Medan

 ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi karywan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Penelitian ini dilaksanakan di Bina Swalayan yang berlokasi di Jalan Setia Budi, Tanjung Sari dan waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Oktober 2017. Sampel dalam penelitian ini adalah karyawan pada Bina Swalayan dengan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 47 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana.

Berdasarkan pembahasan hasil penelitian disimpulkan bahwa kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan pada Bina Swalayan dengan nilai Fhitung sebesar 33,685 > Ftabel 4,06 dan nilai t-hitung sebesar 5,804 lebih besar dari t-tabel (1,677). Perubahan kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh perubahan variabel kompensasi sebesar 42,80 %, sedangkan sisanya  57,20 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan sebagai variabel dalam penelitian.

Dari hasil penelitian ini disarankan perusahaan perlu meningkatkan kompensasi kepada karyawan, karena masih tergolong sedang hingga baik. Perusahaan perlu meningkatkan kinerja karyawan karena masih tergolong sedang.

Kata kunci :  Kompensasi dan Kinerja

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KOTA MEDAN

 Maju Siregar

Universitas Darma Agung, Medan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan kepuasan kerja terhadap komitmen organisasi kepala Sekolah Menengah Pertama di Kota Medan. Penelitian ini merupakan menggunakan metode survai yang dilakukan sejak bulan Maret hingga Agustus 2015. Populasi penelitian ini seluruh kepala Sekolah Menengah Pertama dengan jumlah sampel sebanyak 186 orang dengan cam proportional random sampling. Data motivasi kerja, kepuasan kerja dan komitmen organisasi dijaring dengan menggunakan kuesioner pilihan berganda model skala Likert. Analisis data dilakukan dengan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara simultan motivasi kerja dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap terhadap komitmen organisasi kepala sekolah SMP di Kota Medan.   Secara parsial motivasi kerja dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap terhadap komitmen organisasi kepala sekolah SMP di Kota Medan. Nilai koefisien determinan (Adjusted R Square) adalah 0,269, artinya, komitmen organisasi kepala sekolah dapat dijelaskan oleh variabel motivasi kerja dan kepuaan kerja kepala sekolah sebesar 26,90 %, sedangkan sisanya sebesar 73,10 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian.

Kata Kunci : Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Komitmen Kerja

Full Text : PDF

 

 WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

PENGGUNAAN BAHASA INGGRIS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN RETORIKA DAN PUBLIC SPEAKING BAGI SISWA SMA DI KOTA BINJAI

Elvita Yenni

Dosen Komunikasi, FISIP UMSU

 ABSTRAK

Dimasa sekarang ini banyak lowongan pekerjaan yang mencari kandidat pekerja pada level lulusan SMA berbahasa Inggris, baik dari media cetak maupun melalui media online. Sejalan dengan banyaknya lowongan/ tawaran pekerjaan dalam bahasa Inggris menyebabkan pada saat interview/ wawancara pekerjaan juga dalam bahasa Inggris. Siswa SMA telah dibekali pendidikan dan keterampilan berbahasa Inggris mulai dari SD yang menyebabkan mereka tidak asing lagi dengan bahasa Inggris. Siswa lulusan SMA seharusnya telah memilki kemampuan bahasa Inggris untuk percakapan (conversation) sehari- hari dan kemampuan tata bahasa (Structure) yang baik. Tetapi pada kenyataannya tidak lah demikian. Keterbatasan jumlah jam pelajaran yang semakin hari semakin dikurangi untuk mata pelajaran bahasa Inggris disekolah- sekolah di seluruh Indonesia saat ini memiliki dampak negatif apabila dilihat dari sisi globalisasi saat ini. Siswa SMA Kelompok mitra juga telah memiliki kemampuan dasar bahasa Inggris, tetapi kemampuan mereka untuk meningkatkan keterampilan berbicara (retorika) dan berbicara didepan umum (public speaking) menjadi permasalahan apabila tidak selalu di latih. Melalui program kemitraan masyarakat yang peneliti dan tim lakukan diharapkan dapat meningkatkan kemampuan, keterampilan beretorika dan public speaking mitra terutama dalam penggunaan bahasa Inggris.Proses sosialisasi merupakan langkah awal dari program kemitraan ini. Sosialisasi di awali dari tindakan pre- tes siswa dalam memperkenalkan dirinya pada intruktur dan pada teman sesama siswa, selanjutnya memberikan pelatihan, diskusi tentang retorika dan public speaking untuk keperluan wawancara pekerjaan dalam bahasa Inggris dan terakhir memberikan feedback serta menguji siswa terhadap topik yang dibicarakan (post- test).  Hasil program kemitraan masyarakat menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pengetahuan siswa SMA dalam penggunaan bahasa Inggris dalam meningkatkan keterampilan retorika dan public speaking. Peningkatan pengetahuan yang paling utama adalah pada aspek pengtahuan retorika dan public speaking dimana mereka mengetahui bagaimana kunci sukses wawancara pekerjaan dalam bahasa Inggris. Dan untuk pengetahuan wawancara pekerjaan dalam bahasa Inggris juga membuat siswa SMA tersebut semakin paham alur pertanyaan yang mungkin ditanyakan pada saat wawancara pekerjaan dalam bahasa Inggris.

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

PENYELIDIKAN PERILAKU MEKANIK BAHAN KOMPOSIT BETON BUSA DIPERKUAT SERAT TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT (TKKS) AKIBAT BEBAN LENTUR

Ade Irwan

Universitas Harapan Medan

Email: adeirwan006@yahoo.com

ABSTRAK

Sebagai upaya dalam pemanfaatan limbah pabrik kelapa sawit, tandan kosong kelapa  sawit (TKKS) telah diteliti untuk digunakan seratnya sebagai penguat berbagai bahan komposit. Salah  satunya ialah bahan komposit beton busa diperkuat serat TKKS yang merupakan beton ringan yang memanfaatkan serat TKKS sebagai penguat. Bahan komposit ini telah diteliti baik sifat fisik dan mekanik, maupun penggunaannya untuk produk bangunan dan transportasi. Namun belum ada penelitian tentang perilaku mekanik bahan terhadap beban lentur pada bahan komposit beton busa diperkuat serat TKKS. Sehingga pada penelitian ini dilakukan penelitian beban lentur center point loading untuk mendapatkan nilai kekuatan lentur dan regangan lentur maksimum bahan. Dilakukan pula pengujian lentur terhadap beberapa bahan lain diantara nya bahan beton ringan komersil, sebagai perbandingan dan melihat pengaruh penambahan busa dan serat TKKS terhadap perilaku mekanik bahan. Dari penelitian ini diperoleh nilai kekuatan lentur bahan komposit beton busa diperkuat serat TKKS ialah sebesar 0,7MPa dan regangan lenturnya 0,09mm/mm. Diketahui pula bahwa penambahan serat TKKS pada komposit beton busa dapat meningkatkan kekuatan lentur hingga 299%, namun penambahan busa dari bahan surfaktan dapat menurunkan kekuatan lentur sebesar 65,74%.

Kata Kunci :     Limbah Tandan Kosong Kelapa Sawit, Komposit Beton Ringan, Beban lentur, Kekuatan Lentur, Regangan Lentur

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

NOISE CONTOUR KEBISINGAN PROTOTIPE PROPELER RENDAH BISING PADA PESAWAT TANPA AWAK

 Fadly Ahmad Kurniawan Nasution

Staff Pengajar Prodi Teknik Mesin, Fakultas Teknik dan Komputer,

Universitas Harapan Medan.

E-mail: Fadly_ahmad@gmx.com.

ABSTRAK

Kebisingan pada pesawat tanpa awak (Unmanned Aerial Vehicle atau disingkat UAV) merupakan aspek penelitian yang terus meningkat. Kebisingan yang digenerasikan oleh sebuah propeler adalah kombinasi dari 2 (dua) sumber kebisingan, yaitu dari propeler sendiri, dan dari sumber tenaga (mesin). Pengendalian kebisingan propeler dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu dengan optimasi desain, dan penggunaan material akustik yang memiliki kemampuan serap bunyi lebih baik. Paduan Aluminiun Magnesium (Al-Mg) sebagai material akustik yang sejak beberapa tahun  telah dikaji di laboratorium Noise and Vibration Control (NVC), memiliki kemampuan absorpsi suara yang cukup signifikan. Melalui penelitian akan dikembangkan sebuah prototipe propeler rendah bising pada pesawat tanpa awak dengan pendekatan optimasi desain propeler yang memiliki turbulensi sebagai noise generation mechanism yang kecil. Material yang digunakan adalah paduan Aluminium Magnesium (Al-Mg) mengacu penelitian sebelumnya. Proses pembuatan dan pengujian prototipe propeler rendah bising dilakukan untuk mendapatkan perbandingan nilai kebisingan yang dihasilkan antara hasil simulasi, dengan hasil pengujian langsung. Galat antara simulasi dengan pengujian pada prototipe digunakan sebagai salah satu bentuk verifikasi. Noise contour propeler diperoleh dari pengukuran kebisingan prototipe dilakukan secara spherical coordinate yaitu X+, X-, Y+, Y- dan Z+, Z-.

Kata Kunci: Propeler, UAV, Paduan Al-Mg, Noise generation mechanism, Noise Contour

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

PENGARUH PENAMBAHAN Si PADA PADUAN Al – Si TERHADAP KEKUATAN IMPAK

Din Aswan Amran Ritonga

Universitas Program Studi Teknik Mesin Fakultas Tenik dan Komputer Harapan Medan

Jl. H,M, Jhoni No.70 Medan, Indonesia

dinaswanaritonga@gmail.com

ABSTRAK

Uji impack atau pengujian Impack adalah pengujian dengan menggunakan  pembebanan yang cepat (rapid loading) pengujian impak merupakan suatu pengujian yang membedakan pengujian impak dengan pengujian tarik dan kekerasan . Aluminium (Al) adalah salah satu logam non ferro yang memiliki beberapa keunggulan, diantaranya adalah memiliki berat jenis yang ringan, ketahanan terhadap korosi, dan mampu bentuk yang baik.Untuk mendapatkan bahan aluminium yang baik, aluminium seringkali dipadukan dengan penambahan tembaga (Cu), magnesium (Mg), silikon (Si), mangan (Mn), seng (Zn), dan dsb. Pada penelitian ini akan dilakukan pengecoran dan pengujian terhadap Aluminium  dan Silikon, jumlah komposisi material di tentukan dalam Kilogram di bagi dengan perbandingan persen Al 88%-Si 12%, Al 90% – Si 10%, Al 92% – Si 8%, dalam penulisan ini persentase perbandingan paduan disingkat menjadi Paduan Al-Si metal. Pengujian yang dilakukan adalah Uji Impak dengan standar ASTM E23 metode Charpy guna mengetahui nilai ketangguhan material paduan Al-Si. Dari hasil pengujian ini di peroleh nilai ketangguhan dengan harga Impak yang paling baik adalah paduan Al-Si 88-12 dengan 14,4 J/m², dan nilai energi yang di serap yang menunjukan nilai terbaik adalah paduan Al-Si 90-10 sebesar 1,156 J.

Kata Kunci : Paduan Al-Si, Pengecoran, Pengujian Impak dan Kekerasan

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

PENGARUH PEMAGANGAN DAN PELATIHAN KECAKAPAN HIDUP TERHADAP PENUMBUHAN WIRAUSAHA BARU

Deni Faisal Mirza

Univeristas Prima Indonesia

denifm.ukmcenter@yahoo.com

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakan pengaruh program pemagangan dan pelatihan kecakapan hidup secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap penumbuhan wirausaha baru. Penelitian ini laksanakan di kota Medan dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang warga masyarakat yang telah dibina melalui program pemagangan dan pelatihan kecakapan hidup yang diselenggarakan oleh UMKM Center Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data penelitian adalah teknik angket dan wawancara. Kuesioner yang dikembangkan terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian disebar kepada sampel. Model analisis data penelitian adalah model regresi linier berganda. Hasil menunjukkan bahwa semua indicator ukur variabel program pemagangan, pelatihan kecakapan hidup, dan penumbuhan wirausaha baru valid dan reliable sehingga layak digunakan untuk uji sampel. Hasil uji sampel menunjukkan bahwa secara parsial pemagangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap penumbuhan wirausaha baru, dan Pelatihan kecakapan hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap penumbuhan wirausaha baru. Secara simultan pemagangan dan pelatihan kecakapan hidup memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap penumbuhan wirausaha baru.

Kata Kunci :     Pemagangan, Pelatihan Kecakapan Hidup, Wirausaha

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENERAPAN OTOMATISASI PADA InRi PONSEL TEBING TINGGI

Nico Benjamin

Dosen STIE Bina Karya Tebing Tinggi

ABSTRAK

Ancaman  risiko kegagalan  perusahaan dalam  mencapai  tujuan yang  telah  ditetapkan perlu diantisipasi dengan menerapkan sistem pengendalian internal yang efektif. Hal tersebut dimaksudkan agar potensi kerugian yang timbul sebagai akibat terjadinya peristiwa kecurangan dapat diminimalisir sekecil mungkin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat sistem pengendalian internal otomatisasi pada  InRi Ponsel, dan pelaksanaa sistem pengendalian internal yang diterapkan pada InRi Ponsel telah terlaksana secara baik. Penelitian ini menggunakan metode  deskriptif  yaitu  mengumpulkan,    mengolah    dan    menginterprestasikan    data    yang    diperoleh    sehingga dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai keadaan yang diteliti dan memberikan keterangan yang dihadapi. Penulis  telah  melakukan  analisis  mengenai  struktur  organisasi,  prosedur , dan keamananan pada InRi Ponsel mendapatkan kesimpulan bahwa Sistem pengendalian internal yang diterapkan pada InRi Ponsel sudah berjalan dengan baik, dimana owner menerapkan prosedur pengendalian dengan baik.

Kata Kunci :     Analisis, Sistem, Pengendalian Internal.

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DALAM SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL MELALUI  METODE DRILL PADA SISWA KELAS VIII SMP USIA TAMA NAMOTERASI TP. 2017/2018

Asmalem

19601205 198602 2 001

 ABSTRAK

Salah satu metode yang jarang digunakan dalam pembelajaran matematika  adalah metode driil dalam kelompok. Metode ini menyajikan materi pembelajaran dengan berbagai bentuk latihan dan tugas. Di samping itu, model ini adalah model pembelajaran yang inovatif yaitu biasa yang disebut pembelajaran kooperatif (cooperative learning).   Metode ini sesuai dengan karakteristik siswa SMP, di mana siswa akan merasakan kegembiraan dalam belajar, menghilangkan kejenuhan, sekaligus belajar berbagi dan bekerja sama dengan orang lain.

Sesuai dngan batasan masalah, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan metode drill  dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam belajar matematika   di kelas VIII SMP USIA TAMA NAMOTERASI tahun pelajaran 2017/2018.

Penelitian ini bertempat di SMP USIA TAMA NAMOTERASI Tahun Pelajaran 2017/2018 tepatnya di lokal kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan pada Minggu I dan II bulan September  semester gasal 2017/2018.

Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut: Pembelajaran dengan metode ini memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (76%), siklus II (100%). Penerapan metode drill mempunyai pengaruh positif, yaitu dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa yang ditunjukan dengan hasil tes siklus siswa, rata-rata jawaban siswa menunjukkan  bahwa siswa tertarik dan berminat dengan metode drill sehingga mereka menjadi termotivasi untuk belajar sehingga prestasi belajar dapat dicapai.

Kata Kunci : Prestasi Belajar, Metode Drill, Matematika

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI PENGGUNAAN METODE BIMBINGAN DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH

DI SDN 025996 KEC. BINJAI SELATAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Jamaliah

19660228 198712 2 001

ABSTRAK

Permasalahan dalam Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini adalah kualitas pemilihan metode pembelajaran guru-guru SD Negeri 025996 Kecamatan Binjai Selatan yang masih kurang baik. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kualitas pemilihan metode pembelajaran guru-guru SD Negeri 025996 Kecamatan Binjai Selatan tahun pelajaran 2016/2017 melalui bimbingan dan supervisi kepala sekolah. Subyek dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri 025996 Kecamatan Binjai Selatan sebanyak 12 orang dari 13 0rang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Oktober 2016 dengan tujuan metode pembelajaran yang dipilih oleh guru dapat diterapkan pada semester genap tahun pelajaran 2016/2017 karena lebih berkualitas dibanding semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Kegiatan penelitian meliputi (1) tahap persiapan (2) memuat instrumen (3) pelaksanaan bimbingan dan supervisi dalam siklus I dan siklus II (4) menganalisa data (5) pembahasan (6) membuat laporan. Penelitian Tindakan Sekolah termasuk jenis penelitian kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komperatif dengan membandingkan hasil kondisi awal dengan hasil siklus I dan hasil siklus ii dengan teknik bimbingan dan supervisi. Bimbingan dan supervisi kepala sekolah menunjukan hasil siklus I (75%) dan siklus II (100%) terdapat peningkatan hasil siklus II dibanding siklus I. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, hipotesa dan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa bimbingan dan dan supervisi dapat meningkatkan kualitas pemilihan metode pembelajaran guru-guru di SD Negeri 025996 Kecamatan Binjai Selatan tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci :     Kinerja Guru, Metode Bimbingan dan Supervisi

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

PERBUATAN MELAWAN HUKUM DAN AKIBAT HUKUMNYA

(Studi Putusan Nomor : 214/Pdt.G/2016/JKT.Sel)

Daud

NIDN. 0125086101

Dosen Yayasan FH Universitas Amir Hamzah

ABSTRAK

Hukum Perdata memiliki ciri khas dalam penegakan hukumnya karena gugatannya mengenal apa yang disebut dengan Perbuatan Melawan Hukum (PMH) dan Wanprestasi. Unsur-unsur PMH dan wanprestasi tidak akan terlepas dari “hak”, “pribadi”, “ganti rugi”, “kewajiban” dan lainnya yang menjadi bentuk gugatan yang telah dikonstruksikan dalam cara peradilan perdata.. penelitian ini akan membahas apakah putusan DPP PKS terhadap pemecatan H. Fahri Hamzah, SE telah dapat dikualifikasikan memenuhi unsur-unsur  PMH sebagaimana yang diatur dalam pasal 1365 KUH Perdata. Penelitian ini menyimpulkan berdasarkan fakta-fakta dipersidangan Majelis Hakim memutuskan bahwa 🙂 Menyatakan Tergugat I, Tergugat II, dan Tergugat III melakukan perbuatan melawan hukum (“onrechtmatige daad”); 2). Menyatakan tidak sah dan/atau batal demi hukum dan/atau tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat Surat Keputusan Tergugat III Nomor 467/SKEP/DPP-PKS/1437 tertanggal 06 April 2016 tentang Pemberhentian dan Penggantian Antar Waktu Pimpinan DPR RI dari PKS; 3). Memerintahkan Tergugat II untuk mencabut Putusan Nomor 02/PUT/MT-PKS/2016 tentang pemberhentian Penggugat dari semua jenjang keanggotaan Partai Keadilan Sejahtera tertanggal 11 Maret 2016; 3). Memerintahkan Tergugat III untuk mencabut Surat Keputusan Nomor : 463/SKEP/DPP-PKS/1437 tertanggal 01 April 2016 tentang Pemberhentian Penggugat sebagai Anggota Partai Keadilan Sejahtera dan Surat Keputusan Nomor : 467/SKEP/DPP-PKS/1437 tertanggal 06 April 2016 tentang Pemberhentian dan Penggantian Antar Waktu Pimpinan DPR RI dari PKS. 4). Menghukum Tergugat I, Tergugat II, dan Tergugat III secara bersama-sama untuk membayar ganti rugi kepada Penggugat secara tunai kerugian immateriil kepada Penggugat sebesar Rp. 30.000.000.000,- (tiga puluh milyar rupiah); 4). Menyatakan Penggugat adalah sah sebagai Anggota DPR RI dan Wakil Ketua DPR RI periode 2014-2019 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS); 4). Memerintahkan Tergugat I, Tergugat II, dan Tergugat III untuk merehabilitasi harkat, martabat, dan kedudukan Penggugat seperti semula.

Kata Kunci :   Perbuatan Melawan Hukum, Akibat Hukum, Putusan Pengadilan

Full Text : PDF

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

PENGARUH KEANDALAN PEGAWAI DAN PENANGANAN KELUHAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN 

(Studi Kasus Pada Pelanggan PLN Nonsubsidi di Kecamatan Air Putih)

Sarwoto

Dosen STIE Bina Karya Tebing Tinggi

ABSTRAK

Pada penelitian ini dengan variabel Keandalan Pegawai (X1) dan Penanganan Keluhan (X2), variabel Kepuasan Pelanggan (Y). Setelah dilakukan perhitungan dengan Regresi Berganda, persamaan regresi linear berganda yaitu : Y = 4,611 + 0,361X1 + 0,396X2 dengan besaran Koefisen Determinasi diketahui besarnya nilai R square sebesar 0,454 atau 45,4%. Hal ini menunjukkan jika variabel Keandalan Pegawai (X1), dan Penanganan Keluhan (X2), dapat menjelaskan variabel Kepuasan Pelanggan (Y). Setelah diuji pada variabel Keandalan Pegawai (X1) diketahui thitung (4,071) > ttabel (1,9847) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,005 berarti Keandalan Pegawai berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan. Setelah diuji pada variabel Penanganan Keluhan (X2) diketahui thitung (5,386) > ttabel (1,9847) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,005 berarti Penanganan Keluhan berpengaruh secara parsial terhadap Kepuasan Pelanggan. Setelah diuji pada variabel Kepuasan Pelanggan (Y) diketahui fhitung (40,316) > ftabel (3,07) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,005 berarti Keandalan Pegawai dan Penanganan Keluhan berpengaruh secara serentak terhadap Kepuasan Pelanggan.

Kata Kunci : Keandalan Pegawai,  Penanganan Keluhan dan Kepuasan Pelanggan

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

WATER MANAGEMENT IN SIMARETUNG REGION, MARANCAR DISTRICT, SOUTH TAPANULI REGENCY

Angelia Utari Harahap

College of Agriculture, Graha Nusantara University, Padangsidimpuan 22717, Indonesia

E-mail: angeliaharahap@yahoo.co.id

ABSTRACT

An institutional model that is born from the local wisdom of the community in protecting the surrounding forest and water is needed as an effort to preserve the environment so that the ecosystem is maintained so that the sustainability of the integrated farming system can be maintained which ultimately aims to improve the welfare of the community. The research method is a case study method with a descriptive qualitative approach for 1 (one) month from February to March 2018. The results of the discussion of this study are the management rules for the preparation and improvement of prevailing rules based on deliberations from all communities led by village hatobangon (elders), Water management officials appoint one bondar (leader in water management) who oversees 8 water rope administrators (guard) in the management of irrigation systems, and compensation for regulating water comes from a kind of water utilization service fee provided by each water user.

Keywords: Arrangement Water Officers Rewards Marancar

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN MOTOR SCUTER MATIC YAMAHA PADA CV. DELI MITRA LESTARI TEBING TINGGI

 Aisyah Siregar

Dosen STIE Bina Karya Tebing Tinggi

 ABSTRAK

Melihat kenyataan dunia bisnis yang terus berkembang, maka tuntutan akan faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membeli semakin beragam dan terus-menerus berkembang sesuai dengan perubahan zaman. Di dalam hidupnya manusia tidak lepas dari berbagai macam kebutuhan, mulai dari kebutuhan dasar sampai pada tingkat kebutuhan yang lebih tinggi. Salah satu kebutuhan manusia adalah tampil menarik, percaya diri dan nyaman. Kebutuhan itu dapat terpenuhi dengan menggunakan kendaraan roda dua yaitu sepeda motor.  Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui apakah faktor kebudayaan, sosial, pribadi, dan psikologi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor scuter matic Yamaha. 2) Untuk mengetahui variabel mana yang dominan yang dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian motor scuter matic Yamaha.  Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan kualitatif. Sampel yang dijadikan objek penelitian sebanyak 100 responden pengguna scuter matic Yamaha dan pengambilan data berupa observasi, wawancara, kuesioner. Sedangkan untuk pengolahan data dianalisis untuk uji validitas dan reabilitas memakai rumus Alpha Cronbach dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 16,0 for windows. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Dari hasil analisis didapatkan bahwa variabel faktor kebudayaan, sosial, pribadi dan psikologis secara simultan/ bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan (bermakna) terhadap keputusan pembelian motor scuter matic yamaha dan variabel pribadi mempunyai pengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk motor scuter matic Yamaha.

Kata Kunci: Faktor Kebudayaan, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, Faktor Psikologis, dan Keputusan Pembelian.

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN PEMILIK KARTU KREDIT DALAM TRANSAKSI ONLINE  (E-COMMERCE)

Imelda Mardayanti

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Karya Tebing Tinggi

Jl. Diponegoro (Simp. Rambung) Tebing Tinggi

ABSTRAK

Seiring semakin pesatnya perkembangan tekhnologi di dunia, Indonesia juga menerima dampaknya, salah satu pengaruh pesatnya tekhnologi adalah dengan  munculnya transaksi Bisnis Online yaitu Transaksi E-Commerce. Bisnis Online merupakan bagian dari teknologi yang memberikan pengaruh besar pada sektor Perbankan di tengah-tengah masyarakat. Hal ini dapat dilihat dengan semakin besarnya angka pengguna E-Commerce di Indonesia.  Sejalan dengan hal itu Kartu Kredit juga popular sebagai alat pembayaran. Sistem kartu kredit sekarang juga lebih mudah, hanya dengan memberikan tanda tangan tanpa harus memasukkan kode PIN dan tanpa menunjukkan Identitas, sehingga diharapkan masyarakat lebih berhati-hati dengan Kartu kredit itu sendiri. Maka, saya selaku  Penulis bermaksud melakukan penelitian, adapun Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hukum mengatur transaksi E-Commerce yang di atur dalam di Indonesia, transaksi perdagangan diatur oleh Kitab Undang-Undang Hukum Perdata, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan (UU Perdagangan) , Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan  Transaksi Elektronik (UU ITE), serta  Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang selanjutnya disebut UUPK. Jenis penelitian ini adalah penelitian hukum yang bersifat yuridis, sosiologis atau empiris, yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengadakan identifikasi hukum dan bagaimana efektivitas hukum itu berlaku dalam masyarakat . Sumber data yang dipergunakan adalah data sekunder yang bersumber dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengadakan identifikasi atau studi kepustakaan. Analisis data mengunakan analisis data kualitatif. Transaksi E–Commerce seperti halnya transaksi perdagangan pada umumnya  merupakan suatu perjanjian yang dilakukan antara penjual dengan pembeli.

Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Kartu Kredit, E-Commerce

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 PENERAPAN PEMBELAJARAN FIQIH MAWARIS DI MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN ALHASYIMIYAH KELURAHAN PADANG MERBAU KECAMATAN PADANG HULU TEBING TINGGI

Alang Khairun Nizar

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bina Karya Tebing Tinggi

 ABSTRAK

Dalam skripsi ini dibahas tentang penerapan pembelajaran fiqih mawaris di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Alhasyimiyah Kelurahan Padang Merbau Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi.Identifikasi masalah dalam penelitian ini Kurangnnya jam pembelajaran fikih mawaris diterapkan khususnya di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Alhasyimiyah Kelurahan Padang Merbau Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi, Pembelajaran fikih mawaris kurang begitu diminati peserta didik karena tergolong mata pelajaran yang susah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Madrasah, Guru mata Pelajaran dan peserta didik yang dianggap berkompeten untuk mewakili keseluruhan peserta didik yang ada di Madrasah Tsanawiyah Pondok  Pesantren Alhasyimiyah Kelurahan Padang Merbau Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Fiqih Mawaris di Madrasah Tsanawiyah Pondok  Pesantren Alhasyimiyah Kelurahan Padang Merbau Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi hanya diadakan bagi peserta didik kelas IX yang dilakukan 4 jam per minggu sebagai pengembangan kurikulum di Pondok Pesantren yang diajarkan ustadz Rico Hidayat. Setiap pertemuan 1x 40 menit. Metode yang dipakai dalam Pembelajaran Fiqih Mawaris di Madrasah Tsanawiyah Pondok  Pesantren Alhasyimiyah Kelurahan Padang Merbau Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi menggunakan ceramah, Tanya jawab dan jiqsaw. Kendala dalam  pembelajaran Fiqih Mawaris di Madrasah Tsanawiyah Pondok  Pesantren Alhasyimiyah Kelurahan Padang Merbau Kecamatan Padang Hulu Tebing Tinggi  siswa banyak yang ribut ketika diadakan praktek dan kurangnya alat peraga yang mendukung.

Kata Kunci :Pembelajaran, Fikih Mawaris

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 RENCANA PEMBELAJARAN YANG TERAPLIKASI

 Yulia Agustina Dalimunthe

Sistem Informasi, Fakultas Teknik dan Komputer, Universitas Harapan Medan

yulia.agustinadlm@gmail.com

 ABSTRAK

Dalam mendukung dunia pembelajaran disebuah Universitas diawali dengan pembuatan RPS (Rencana Pembelajaran Semester), SAP(Satuan Acara Pelajaran) dan GBPP (Garis Besar Program Pengajaran). Pelaporan  RPS, SAP dan GBPP dilakukan setiap masing dosen mata kuliah kepada Ketua Program Studi (Kaprodi). Pelaporan yang terkonsep secara aplikasi mempermudah Dosen dalam pelaporan ke Kaprodi tanpa harus membuat janji dan juga history pelaporan juga mempermudah untuk penyimpanan data jika mengampuh mata Kuliah yang sama di semester tahun berikutnya. Sedangkan untuk pihak Kaprodi mempermudah merekap laporan RPS, SAP dan GBPP masing-masing dosen. RPS, SAP dan GBPP yang termenejrmen ini dakan disajikan dengan berbasis web, dimana web ini bisa diakses para dosen pengampuh mata kuliah, Kaprodi dan juga tenaga admin di masing-masing program studi.  Metode yang digunakan waterfall dalam pengumpulan data yang dibutuhkan dalam pembuatan aplikasi.

 Kata Kunci: RPS, SAP, GBPP, Web

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 KETENTUAN PERJANJIAN PRA NIKAH DALAM HUKUM PERKAWINAN DI INDONESIA

 Roos  Nelly

NIDN.0112106801

Dosen Yayasan FH UNHAM

 ABSTRAK

Perjanjian perkawinan itu adalah berupa tata aturan untuk mengurus pengendalian harta kekayaan suami istri secra langsung dilakukan oleh calon suami istri berdasarkan musyawarah mufakat. Sehubungan dengan itu perumusan isi perjanjian diharuskan menjiwai hak dan kewajiban suami istri yang telah diberikan oleh hukum, agama, dan adat.  KUH Perdata yang telah mengatur perjanjian pra nikah secara konkrit tidak secara tegas dihapus oleh Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974, akan tetapi sebagai pedoman untuk mengadakan perjanjian perkawinan, sejauh tidak bertentangan dengan ketentuan Pasal 29 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974.

Kata Kunci :   Perjanjian Pra Nikah, UU No. 1 Tahun 1974

Full Text : PDF

 

WAHANA INOVASI       VOLUME 7 No.2              JULI-DES 2018               ISSN : 2089-8592

 BEBERAPA PERTIMBANGAN DALAM PERENCANAAN PRODUKSI

Progresif Buulolo

Program Studi Manajemen STIE Nias Selatan

gracebuulolo@gmail.com

ABSTRAK

Perencanaan merupakan salah satu fungsi fundamental dan manajemen perencanaan produksi yang dimaksudkan untuk merencanakan kegiatan dalam hal pengolahan sumber-sumber menjadi barang dan jasa-jasa. Perencanaan produksi adalah suatu pengorganisasian dan pengkoordinasian bahan-bahan, peralatan, tenaga manusia dan tindakan-tindakan yang lain dimana keseluruhannnya diperlukan untuk memproduksi barang-barang pada suatu periode lertentu sehingga sesuai dengan apa yang telah digariskan dalam perencanaan. Pertimbangan berupa perencanaan dan pengawasan sangat diperlukan sehingga produksi dapat berhasil dengan baik.

Kata Kunci : Pertimbangan, Perencanaan Produksi

Full Text : PDF

 

Link Jurnal Digital UISU :
nav-left nav-left nav-left tijarah julisa Jurnal sosial ekonomi Nur edukasi Tausiah