nav-left cat-right
cat-right

PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. ALFA SCORPII JL. BAKTI MEDAN

PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. ALFA SCORPII JL. BAKTI MEDAN

TIJARAH Ekonomi dan Bisnis Islami, Volume 2 Nomor 14 Juli 2017

PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI PT. ALFA SCORPII JL. BAKTI MEDAN

Ahmad Husin Lubis.,SE.MM

 Abstrak

Pada prinsipnya setiap perusahaan tatkala menjual produk-produknya (barang/jasa) akan berusaha menggunakan teknik penjualan yang bagus, sehingga barang yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik. Adapun salah satu teknik penjualan yang dimaksud adalah terkait dengan bagaimana dan seberapa tinggi kualitas pelayanan yang diberikan terhadap kepuasan pelangan. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan merupakan kinerja terpenting perusahaan dalam rangka memuaskan pelanggan. PT. Alfa Scorpii Jl. Bakti Medan harus memperhatikan hal-hal penting bagi pelanggan, agar pelanggan merasa puas dan senang.

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Alfa Scorpii Jl. Bakti Medan . Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisa yang digunakan adalah koefisien korelasi product moment.

Berdasarkan hasil penelitian maka diperoleh koefisien korelasi product moment sebesar 11,083 (fhitung = 11,083). Kemudian hasil rhitung tersebut dibandingkan dengan rtabel untuk menentukan taraf signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Dari hasil tersebut diperoleh bahwa fhitung lebih besar dari ftabel (11,083 > 2,31). Hasil tersebut berarti terdapat pengaruh signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan . Hal ini menunjukan bahwa semakin baik kualitas pelayanan seorang pegawai berarti semakin baik pula kepuasan pelanggan pada PT. Alfa Scorpii Jl. Bakti Medan.

Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Alfa Scorpii Jl. Bakti Medan.  Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di PT. Alfa Scorpii Jl. Bakti Medan selama tahun 2016 yang berjumlah 67.000 orang, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin maka  jumlah sampel yang didapat adalah 99,8 atau dibualatkan menjadi 100 orang.

Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan.

Full Text : PDF

Link Jurnal Digital UISU :
nav-left nav-left nav-left tijarah julisa Jurnal sosial ekonomi Nur edukasi Tausiah